• JALAN KEDUNGDOWO RT.02 RW.02 DESA SEDAN KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG
  • 082322347151
  • muhammad.luthfillah99@gmail.com
INFO
  • Selamat Datang di Situs Resmi Pemerintah Desa Sedan, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang | Media Komunikasi dan Transparan Pemerintah Desa Sedan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang untuk Seluruh Masyarakat, khususnya Masyarakat Desa Sedan
  • Alamat : Jl. Kedungdowo Rt.02 Rw.04 Desa Sedan Kecamatan Sedan Kode Pos : 59264 Email : muhammad.luthfillah99@gmail.com

KEGIATAN POSYANDU DI POS LESTARI, ISTIQLAL DAN AL-BAROKAH

14 Februari 2022 Muhammad Luthfillah Berita Desa Dibaca 119 Kali

SEDAN, Posyandu merupakan perpanjangan tangan Puskesmas yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin sesuai jadwal yang telah disusun, Kegiatan posyandu dilakukan oleh dan untuk masyarakat.

Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat, yang menyelenggarakan sistem pelayanan pemenuhan kebutuhan dasar, peningkatan kualitas manusia, secara empirik telah dapat memeratakan pelayanan bidang kesehatan. Kegiatan tersebut meliputi pelayanan imunisasi, pelayanan kesehatan ibu dan anak. Posyandu (pos pelayanan terpadu) adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh, dari, dan untuk masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya serta kesehatan ibu dan anak pada khususnya.

Posyandu merupakan bagian dari pembangunan untuk mencapai keluarga kecil bahagia dan sejahtera, dilaksanakan oleh keluarga bersama dengan masyarakat di bawah bimbingan petugas kesehatan dari puskesmas setempat. Sasaran utama kegiatan posyandu ini adalah bayi dan balita.

Posyandu Lestari bermarkas di RW 01 Desa Sedan dengan 5 orang kader yang di ketuai oleh Ibu Mahfudhoh, Posyandu Lestari melaksanakan kegiatan posyandu rutin setiap bulannya dengan sasaran 75 bayi dan balita, selain PMT (Pemberian Makanan Tamabahan) guna memberikan tambahan gizi dan nutrisi kepada bayi dan balita, posyandu Lestari juga melaksanakan kegiatan pencatatan tumbuh kembang anak, meliputi menimbang berat anak, mengukur tinggi badan anak, dan lain sebagainya.

Tidak jauh beda dengan Posyandu Lestari, Posyandu Al-Barokah dan Posyandu Istiqlal juga melaksanakan kegiatan Posyandu rutin setiap bulannya, PMT dan Pencatatan Tumbuh Kembang anak juga di laksanakan di kedua Posyandu ini. bebeda dengan Posyandu Lestari, Posyandu Al-Barokah hanya mempunyai sasaran 70 bayi dan balita, Posyandu ini bermarkas di RW 02 Desa Sedan dengan 5 Kader posyandu dan di pimpin oleh seorang ketua Ibu Masruhah.

Ibu Faiqotun  Niswah menjadi Ketua di Posyandu Istiqlal dan memimpin 4 anggota Kader Posyandu. Posyandu Istiqlal adalah salah satu dari 7 posyandu yang ada di Desa Sedan, Posyandu ini bermarkas di RW 03 dengan sasaran 70 anak dan balita, seperti halnya Posyandu pada umumnya, Istiqlal juga melaksanakan kegiatan Posyandu rutin setiap bulannya dan melaksanakan pencatatan tumbuh kembang anak serta pemberian PMT.

Keberadaan kader sering dikaitkan dengan pelayanan rutin di posyandu. Sehingga seorang kader posyandu harus mau bekerja secara sukarela dan ikhlas, mau dan sanggup melaksanakan kegiatan posyandu, serta sanggup menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan dan mengikuti kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu yang di lakukan Desa Sedan ini bertujuan mengetahui tumbuh kembang bayi dan balita serta memberikan penyuluhan tentang gizi dan pentingnya memberikan ASI Exklusif kepada bayi yang baru lahir.

Dengan adanya kegiatan rutin posyandu bayi dan balita, diharapkan kesehatan bayi dan balita bisa terpantau, dan mendapatkan imunisasi yang sangat berguna sebagai kekebalan bagi bayi dan balita terhadap berbagai penyakit. Sehingga diharapkan akan bisa menurunkan angka kematian bayi khususnya di Desa Sedan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar